Kemdikbud Gandeng Google dan Produsen Lokal untuk Peluncuran Chromebook

February 7, 2022

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang akan berlanjut di masa pandemi Covid-19 mendorong pemerintah untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, seperti menggalakkan layanan digital khusus untuk membantu proses pembelajaran.

Career Research Director Wikan Sakarinto mengatakan, pandemi memberikan banyak pelajaran dan perubahan. Peningkatan penggunaan layanan digital tidak bisa dihindari.

“Oleh karena itu, diperlukan sinergi yang kuat dari para pemangku kepentingan pendidikan untuk berinovasi bersama mengembangkan solusi yang dapat membantu guru, siswa, dan masyarakat beradaptasi dengan pembelajaran di era pandemi,” kata Wikan dalam acara “Google for Education” Kemendikbud. Budaya. "Di situs web, dan rilis Chromebook lokal (3/8/2021). Wikan mengapresiasi banyak inovasi dan bantuan Google di bidang pendidikan, seperti membantu memperoleh teknologi, mengembangkan infrastruktur digital, dan mempromosikan sistem transisi PJJ.

“Sebagai inisiatif untuk memodernisasi pendidikan dan solusi untuk menerima pendidikan di Indonesia secara lebih luas, kami sangat layak mendapatkan apresiasi,” katanya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ristek juga telah bekerja sama dengan Google Indonesia untuk bekerja sama dengan enam produsen teknologi lokal, yaitu Advan, Axioo, Evercoss, SPC, Zirex dan TSM, untuk memproduksi Chromebook untuk digunakan oleh siswa di seluruh Indonesia untuk menerapkan pembelajaran digital .

Ia menjelaskan, “Pada 2022, enam industri ini akan membantu memproduksi ratusan ribu laptop. Di antaranya, ribuan anak muda Indonesia akan menjadi sumber daya manusia (SDM) sebagai tenaga kerja, terutama yang berasal dari sekolah menengah kejuruan (SMK).” Wikan menjelaskan, siswa SMK pasti akan memperoleh keterampilan nyata yang dibutuhkan di industri. Pasalnya, keenam industri lokal ini akan bekerjasama dengan SMK untuk menghasilkan produk.

"Ini jelas membuktikan 'connection and match' antara pendidikan vokasi dan industri berbasis pembelajaran berbasis proyek," katanya.

Wikan berharap kerjasama ini dapat merangsang kerjasama antara industri lain dan pendidikan vokasi.

“Kami akan mendukung penuh kerjasama antara Google dengan industri elektronik dalam negeri, serta kerjasama pendidikan vokasi ini. Tentunya kami bangga bisa menggunakan produk Indonesia untuk mendukung semangat belajar mandiri,” ujarnya.

Kedepannya, Wikan menyatakan bahwa siswa SMK juga dapat berpartisipasi dalam sales and maintenance dan troubleshooting, sehingga tidak hanya siap bekerja di perusahaan, tetapi juga menjadi wirausaha yang mendukung program tersebut. Selain itu, Kemdikbud-Ristek juga terlibat dalam pengembangan peta jalan bagi siswa SMK.

Presiden Zyrec Timothy Siddik mengatakan bahwa sebagai salah satu produsen yang terlibat dalam pembuatan Chromebook ini, partai politiknya mengatakan akan merilis tiga jenis Chromebook dengan kapasitas produksi ratusan ribu.

“Kapasitas produksinya sekitar 1,5-300.000 lembar, tergantung berapa lembar yang kita investasikan setiap bulannya, mungkin 3 juta lembar per tahun. Tahun depan akan diluncurkan tipe M360-degree yang bisa flip dan touch screen,” ujarnya. .

Adapun beberapa pabrikan lain seperti Axio, Advan dan Evercross juga mengatakan hanya akan memproduksi satu jenis Chromebook, sedangkan TSM akan memproduksi dua jenis Chromebook.

Baca Buku SelengkapnyaLihat Regulasi
Bagikan :
Copyright © 2022 IJEC. All rights reserved.